Sahabat, berjualan secara online adalah salah satu siasat yang bisa kita lakukan untuk memaksimalkan usaha.
Berjualan secara online memang bisa meningkatkan pemasaran jualan dan usaha kita, tetapi apakah kita sudah melakukannya dengan benar? Hmm…
Untuk itu, di artikel Belajar AMAAN kali ini, kita akan membahas 5 hal yang sering dianggap sepele, tapi sesungguhnya penting banget untuk kita perhatikan.
Apa aja tuh? Yuk simak ulasannya di bawah ini!
1. Bikin foto produk asal-asalan
Coba bayangin, kalau kita mau beli satu barang secara online; hal pertama yang menarik perhatian kita adalah foto, kan?
Foto adalah senjata utama untuk menjual produk kita; sayangnya, banyak penjual online yang tidak menyadari hal ini. Beberapa kesalahan pada tampilan foto diantaranya adalah:
- Menampilkan foto berkualitas rendah
- Hanya menampilkan satu foto untuk satu produk
- Tidak menampilkan detail produk
Padahal, dengan sedikit upaya kita bisa membuat foto produk yang menarik, lho! Siasati dengan menggunakan kertas putih atau kain sebagai latar belakang foto produk bisa jadi langkah awal membuat produk kita lebih menarik!
Usahakan juga untuk mengunggah beberapa foto dari berbagai sudut berbeda untuk sebuah produk, agar customer dapat melihat lebih jelas.
Baca juga: 5 Hal Pertama Sebelum Memulai Usaha Minuman Kekinian
2. Malas menulis deskripsi produk
Setelah calon pembeli tertarik dengan foto produk, tahap berikutnya adalah info apa yang bisa kita sajikan agar pembeli makin tertarik membeli?
Betul, deskripsi produk! Usahakan untuk selalu memberikan deskripsi yang rinci, supaya calon pembeli bisa benar-benar membayangkan produk kita.
Pada dasarnya, calon pembeli online tidak bisa memegang atau melihat kondisi barang secara langsung. Jadi, tugas kita-lah untuk memberikan informasi yang jelas pada judul maupun deskripsi produk jualan.
3. Tidak memerhatikan kualitas produk
Kualitas sebuah produk menjadi suatu hal yang diinginkan oleh pembeli, sehingga kita sebagai penjual online haruslah bertanggung jawab atas produk yang ditawarkannya.
Menjaga kualitas produk adalah hal penting untuk membuat pelanggan tidak kabur ke penjual lain. Sehingga, jadilah penjual yang jujur akan kualitas produk kita, hindari membohongi pembeli mengenai kualitas produk kita, karena bisa berujung jualan yang enggak berkah!
Baca juga: Cek di Sini untuk Mengetahui Cara Bikin Pelanggan Setia!
4. Kurang responsif membalas chat pelanggan
Salah satu cara memberikan rasa nyaman kepada konsumen adalah pelayanan yang tanggap dan cepat. Ketika kita memberikan respons yang lama, biasanya konsumen bakal malas dengan jualan kita.
Respons yang diberikan tidak hanya sekedar tentang produk, tapi juga komplain dari konsumen. Pada intinya, jangan membiarkan konsumen menunggu respons admin toko online kita terlalu lama, ya.
5. Mencampur modal dengan uang pribadi
Ini yang cukup sering dilakukan, mencampur modal usaha dengan uang pribadi!
Jangan sampai usaha kita jadi sesuatu yang diawali modal nekat dan ingin untung cepat sebanyak-banyaknya tanpa memiliki perencanaan yang baik.
Sebaiknya, buatlah rencana keuangan yang rapi sesuai dengan pos-pos uang; mulai dari modal, produksi (kalau ada), sampai promosi.
Baca juga: Begini Cara Menghitung Harga Pokok Penjualan, Biar Untungnya Jelas
Dengan memerhatikan 5 hal di atas, Insya Allah jualan online kita bisa berkembang terus menerus, perlahan tapi pasti.
Jangan lupa, buat yang ingin memulai jualan online, bisa mulai dari fitur Forum Promosi aplikasi AMAAN, lho! Praktikkan 5 hal di atas jangan sampai lupa, ya…