Peluang kerja yang semakin sulit membuat beberapa orang lebih memilih untuk berwirausaha. Tetapi bagi sebagian orang, modal untuk sewa tempat usaha sering menjadi kendala, oleh karena itu usaha rumahan dipercaya cukup menjadi solusi. Selain itu, peluang untuk mengembangkan usaha rumahan semakin terbuka lebar di era yang serba digital saat ini. Lalu bagaimana caranya mengembangkan usaha rumahan agar mendapatkan hasil maksimal?
Memulai dengan menetapkan target dan tujuan jangka pendek dan jangka panjang usaha Sahabat
Menetapkan target akan membuat Sahabat lebih fokus pada target pengembangan yang harus diprioritaskan pada suatu waktu. Target jangka pendek misalnya melihat respon pelanggan terhadap produk barang atau jasa yang dijual. Selanjutnya perbaiki kualitas dari produk maupun pelayanan sehingga mendapatkan pelanggan tetap atau repeat order. Target jangka panjang misalnya pada peningkatan jumlah pelanggan atau peningkatan penjualan setelah dua bulan pertama, caranya bisa melalui iklan, promo dan peningkatan kualitas produk. Ekspansi ke lokasi lain untuk memperluas pasar juga bisa menjadi tujuan jangka panjang, sehingga usaha rumahan Sahabat lebih dikenal luas.
Tentukan dan kenali target pasar dan siapa saja konsumen yang menjadi fokus penjualan
Secara simpel cara menentukan target pasar usaha rumahan adalah dengan melihat usia, pekerjaan, daya beli dan kebiasaan calon pelanggan maka Sahabat akan mengetahui apa saja kebutuhan mereka.
Misal, Sahabat membuat usaha catering delivery harian. Setelah diperhatikan ternyata tetangga sekitar rumah banyak yang mempunyai balita sehingga Sahabat dapat membuat produk makanan yang bisa dikonsumsi oleh balita. Contoh lainnya misal karena kebiasaan tetangga bekerja dari pagi hingga sore maka Sahabat dapat menawarkan delivery makanan di pagi hari sebelum mereka berangkat kerja. Dengan memahami target pasar Sahabat maka strategi pemasaran dan penjualan dapat disesuaikan untuk mencapai hasil yang maksimal.
Penetapan harga yang tepat lalu bandingkan dengan kompetitor
Tentukan harga berdasarkan analisis biaya produksi, biaya operasional, dan persentase keuntungan yang diinginkan. Selain itu, perhatikan juga daya beli konsumen serta harga produk serupa di kompetitor. Jika Sahabat ingin menetapkan harga yang lebih tinggi dari kompetitor maka pastikan kualitas produk juga lebih baik dan lebih unggul. Harga yang Sahabat tentukan juga bisa lebih rendah karena untuk menarik pelanggan, tetapi jangan sampai mengorbankan profitabilitas usaha Sahabat, kecuali jika memiliki modal yang cukup serta tujuan yang jelas misalnya potongan harga di setiap akhir bulan.
Usaha rumahan juga perlu dipasarkan dan dipromosikan agar lebih banyak pelanggan
Jangan karena usahanya rumahan, Sahabat lupa untuk memasarkan produknya. Pemasaran adalah aspek penting dalam mengembangkan usaha rumahan agar mendapatkan hasil maksimal. Terdapat 2 metode pemasaran yang dapat Anda gunakan yaitu pemasaran secara offline dan pemasaran online.
Sederhananya pemasaran offline dapat dilakukan dengan memasang spanduk di rumah atau informasi berantai ke tetangga. Pemasaran online juga dapat dilakukan dengan sederhana melalui media sosial seperti story whatsapp, instagram dan facebook. Saat ini Sahabat juga bisa membuat usaha rumahannya muncul di pencarian google lho yaitu melalui google my business (https://www.google.com/business/).
Mengelola usaha dengan pencatatan keuangan yang baik
Meskipun merupakan usaha rumahan, tetapi perlu diatur agar tidak terdapat pengeluaran tidak terduga. Caranya adalah dengan membuat sistem pencatatan yang efektif, baik itu menggunakan aplikasi pencatatan keuangan atau catatan manual. Dengan memantau pengeluaran, Sahabat dapat melihat di mana uang digunakan dan dapat mengidentifikasi peluang untuk mengurangi biaya atau meningkatkan efisiensi.
Contoh: Catat setiap pembelian bahan baku, biaya operasional, dan pengeluaran lainnya dalam sistem pencatatan yang teratur. Begitu juga dengan pendapatan harian dari usahanya.
Menjalin kemitraan atau kerjasama dengan bisnis lain atau tetangga sekitar
Membangun kemitraan atau kerjasama dengan bisnis atau individu lain dapat menjadi strategi yang efektif dalam mengembangkan usaha rumahan agar mendapatkan hasil maksimal. Cari mitra yang memiliki tujuan atau target pasar yang serupa untuk saling menguntungkan.
Misalnya, bergabung dengan komunitas pengusaha setempat agar mendapatkan banyak inspirasi untuk pengembangan usaha. Kemitraan juga dapat bertujuan memperbesar profit misal dengan membangun jaringan reseller yang dapat memasarkan produk Sahabat.
Jangan lupa untuk fokus pada peningkatan kepuasan pelanggan melalui pelayanan dan inovasi produk
Siapkan pengalaman pelanggan yang menyenangkan, misalnya dengan tanggap terhadap pertanyaan atau keluhan, dan berikan layanan yang berkualitas. Untuk tetap bersaing dan terus tumbuh, penting untuk selalu mengembangkan produk atau layanan Anda. Jangan takut untuk berinovasi, melakukan riset pasar, dan mendengarkan umpan balik pelanggan. Perbarui atau ciptakan produk baru yang sesuai dengan tren agar dapat memenuhi kebutuhan pasar yang berkembang.
Tujuh tips diatas dapat dibiasakan dan dipelajari secara terus menerus agar usahanya berkembang dan mendapatkan hasil yang maksimal. Hal terpenting adalah terus belajar, tetap konsisten dan selalu beradaptasi dengan perubahan pasar. Yuk bagikan artikel ini ke Sahabat yang lain dengan mengklik tombol dibawah! Semoga membantu ya.