Kebijakan Privasi

Bacalah Kebijakan Privasi Ini Dengan Teliti Sebelum Mengakses dan/atau Menggunakan Platform AMAAN

Kebijakan Privasi ini menjelaskan PT Amaan Indonesia Sejahtera (‘’AIS’’) dalam mengumpulkan, menggunakan, memberikan/mengungkapkan, menyimpan, mengolah, dan melindungi Data Pribadi Pengguna/Sahabat AMAAN. Kebijakan Privasi ini berlaku bagi seluruh Pengguna/Sahabat AMAAN yang menggunakan Platform AMAAN, kecuali diatur secara terpisah.

Sebelum memutuskan untuk menggunakan Platform AMAAN, Pengguna wajib membaca Kebijakan Privasi ini dengan cermat untuk memastikan bahwa sebagai Pengguna memahami proses pengolahan data.

  1. DEFINISI
  1. AIS adalah perusahaan yang telah tercatat dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan sebagai Penyelenggara Inovasi Keuangan Digital berdasarkan Peraturan Otoritas Jasa Keuangan;
  2. Layanan AMAAN adalah layanan platform yang disediakan oleh AIS untuk memfasilitasi Pengguna mendapatkan akses produk pembiayaan dan produk pendukung pembiayaan, serta produk/jasa keuangan lainnya untuk kebutuhan usaha Pengguna dari Institusi Keuangan sesuai dengan kebijakan, aturan ataupun prosedur internal yang dapat berubah dari waktu ke waktu sesuai diskresinya;
  3. Platform AMAAN adalah (a) portal web dan atau versi mobile dari portal web yang dibuat, dimiliki dan dioperasikan oleh AIS yang saat ini terletak di dan dapat di akses pada URL berikut: https://amaan.co.id berikut perubahan URL tersebut dari waktu ke waktu; dan/atau (b) aplikasi mobile AMAAN yang dibuat, dimiliki dan dioperasikan oleh AIS, berikut perubahannya dari waktu ke waktu;
  4. Pengguna/Sahabat AMAAN adalah setiap orang perseorangan yang mengunjung, mengakses dan/atau menggunakan/memanfaatkan Platform AMAAN dan/atau Layanan AMAAN;
  5. Tim Layanan Pengguna/Sahabat AMAAN adalah tim internal AIS yang bertugas untuk melayani Pengguna/Konsumen sehubungan dengan penggunaan Platform AMAAN dan/atau Layanan AMAAN, termasuk yang akan melakukan manajemen Data Pribadi Pengguna/Sahabat AMAAN;
  6. Mitra AMAAN adalah Institusi/Lembaga Keuangan atau pihak ketiga lainnya yang bekerja sama dengan AIS yang memiliki produk/jasa/layanan, yang dipasarkan/disalurkan/diberikan kepada Sahabat AMAAN;
  7. Petugas AMAAN adalah petugas AMAAN di lapangan yang akan melayani Pengguna, sehubungan dengan Platform dan Layanan AMAAN.
  1. Data Pribadi
  2. Ruang Lingkup Data Pribadi yang Dikumpulkan
    1. Data Pribadi yang dimaksud termasuk namun tidak terbatas pada nama, alamat, tanggal lahir dan/atau umur, nomor telepon, nama gadis ibu kandung, pekerjaan, alamat e-mail, rekening bank, serta segala data, keterangan, informasi dan dokumen Pengguna dan/atau pihak ketiga lainnya yang terkait dengan Pengguna (termasuk pasangan dan keluarga Pengguna), pola atau kebiasaan Pengguna dalam menggunakan Platform AMAAN, sejarah pencarian atau penggunaan Layanan AMAAN, serta sejarah transaksi yang Pengguna lakukan di Platform AMAAN dan/atau Layanan AMAAN, dan informasi terkait pola atau kebiasaan lainnya termasuk data, informasi dan dokumen identifikasi (termasuk KTP atau SIM, atau Paspor) atau tanda pengenal lainnya yang dikeluarkan oleh pemerintah, foto, data kesehatan, serta informasi lain yang berhubungan dengan penggunaan Platform AMAAN oleh Pengguna. Dalam hal Data Pribadi berkaitan dengan individu pihak ketiga lainnya, Pengguna wajib memastikan telah memperoleh persetujuan dari mereka terlebih dahulu untuk melakukannya;
    2. AIS berkomitmen untuk mengupayakan perlindungan kerahasiaan Data Pribadi Pengguna/Sahabat AMAAN sesuai dengan ketentuan dalam Kebijakan Privasi ini dan tidak menggunakan Data Pribadi tersebut untuk tujuan apa pun selain untuk operasional pemberian Layanan AMAAN atau pengoperasian Platform AMAAN dan pelaksanaan kegiatan usaha AIS, maupun sesuai dengan ketentuan Kebijakan Privasi ini, namun dengan ketentuan bahwa hal-hal di atas tidak berlaku untuk Data Pribadi dengan kondisi antara lain sebagai berikut:
      1. Suatu pihak dapat memperlihatkan bahwa pihak tersebut secara sah telah memiliki Data Pribadi tersebut;
      2. Merupakan Data Pribadi yang diketahui publik/umum bukan karena pelanggaran oleh pihak yang menerima atau perwakilannya;
      3. Data Pribadi tersebut selanjutnya diperoleh secara sah oleh pihak tersebut tanpa larangan kerahasiaan dari sumber-sumber lain;
      4. Data Pribadi tersebut disyaratkan untuk diungkapkan oleh perintah pengadilan, putusan pengadilan, putusan arbiter, institusi pemerintah, pejabat pemerintah atau menurut Hukum yang berlaku; dan/atau
      5. Data Pribadi yang dapat dibuktikan secara tertulis telah dikembangkan sendiri oleh pihak yang menerima tanpa menggunakan informasi rahasia yang diungkapkan oleh pihak yang mengungkapkan.
  3. Cara Mengumpulkan data Pribadi
    Data Pribadi yang AIS kumpulkan dapat diperoleh dengan cara:

    1. Diberikan/diserahkan secara sukarela oleh Pengguna secara langsung pada saat melakukan pendaftaran dan/atau diprasyaratkan oleh AIS atau Mitra AMAAN atau diunduh melalui Platform AMAAN dan/atau Layanan AMAAN;
    2. Melalui pihak ketiga dalam hal ini termasuk namun tidak terbatas pada agen, vendor, pemasok, mitra dan pihak lainnya yang memberikan layanan kepada AMAAN dan mengumpulkan Data Pribadi dan/atau yang melakukan kerja sama. Dalam kondisi ini AIS hanya mengumpulkan Data Pribadi Pengguna untuk tujuan yang melibatkan pihak ketiga tersebut atau tujuan kerja sama AIS dengan pihak ketiga tersebut;
    3. Dikumpulkan oleh AIS ketika Pengguna berpartisipasi dalam acara yang diselenggarakan oleh AIS, seperti perayaan, seminar, workshop, program kontes atau penghargaan serta acara lainnya, yang dapat termasuk segala dokumentasi berupa foto, rekaman video dan/atau suara Pengguna;
    4. Diperoleh atau diakses secara sah oleh AIS berdasarkan kebijakan dan prosedur internal AIS terkait Layanan AMAAN selama Pengguna masih terikat pada Kebijakan Privasi ini.
    5. Diperoleh ketika Pengguna/Sahabat AMAAN mendaftar untuk menjadi Sahabat Pembiayaan AMAAN, sehingga Pengguna/Sahabat AMAAN akan memberikan informasi kepada AIS sesuai dengan yang dipersyaratkan oleh AIS dan/atau Mitra AMAAN;
    6. Diperoleh pada saat menggunakan Platform AMAAN, AIS dapat melacak dan mengumpulkan Informasi letak geografis Pengguna/Sahabat AMAAN.
  4. Cara Mengumpulkan data Pribadi
    AIS dapat menggunakan Data Pribadi yang dikumpulkan untuk tujuan sebagai berikut maupun tujuan lain yang diizinkan oleh peraturan perundang-undangan yang berlaku (“Tujuan”):

    1. Mengelola akurasi informasi yang Pengguna berikan;
    2. Penilaian, analisis, verifikasi apa pun yang menurut pertimbangan AIS diperlukan sebelum memberikan Layanan AMAAN kepada Pengguna, termasuk namun tidak terbatas pada validasi atau pemeriksaan terhadap (i) aplikasi permohonan pembiayaan dan pembukaan rekening; dan (ii) profil Pengguna termasuk proses mengenal Pengguna/Konsumen (Know Your Customer);
    3. Membantu Pengguna/Sahabat AMAAN dalam melakukan transaksi pembayaran atau rekening yang tersedia pada Platform AMAAN;
    4. Pemenuhan hak dan kewajiban AIS berdasarkan ketentuan hukum dan peraturan perundang-undangan;
    5. Pelaksanaan dan pengawasan atas Layanan AMAAN termasuk namun tidak terbatas pada pelaksanaan Akad Pembiayaan;
    6. Pelaksanaan kegiatan usaha dan operasional AIS dari waktu ke waktu dengan itikad baik;
    7. Komunikasi dan mengirimkan informasi sehubungan dengan penggunaan Platform AMAAN dan/atau Layanan AMAAN, survey, riset, evaluasi dan/atau pengembangan produk atau layanan oleh AIS atau pihak terkait yang berkepentingan;
    8. Mempelajari/menganalisa perilaku dan data demografis Pengguna/Sahabat AMAAN termasuk kebiasaan dan penggunaan berbagai layanan yang tersedia dalam Platform AMAAN;
    9. Penegakan hukum dan kepatuhan AIS terhadap ketentuan hukum dan peraturan perundang-undangan.
  5. Pemberian Informasi Data Pribadi
    AIS dapat mengungkapkan atau memberikan Data Pribadi Pengguna/Sahabat AMAAN kepada pihak afiliasi dan pihak lain untuk tujuan sebagai berikut dan/atau tujuan lain yang diizinkan oleh peraturan perundang-undangan dan dengan itikad baik diberikan kepada:

    1. Pihak ketiga sehubungan dengan segala proses verifikasi AIS atau pihak ketiga sebelum memberikan layanan kepada Pengguna termasuk proses Know Your Customer dan penentuan pembiayaan;
    2. Pihak ketiga termasuk Bank, biro penilai kredit, agen, mitra, atau penyedia jasa penunjang lainnya yang memberikan layanan kepada AIS atau Pengguna/Sahabat AMAAN, melakukan tugas atasnama AIS atau pihak ketiga lain yang mengadakan kerjasama dengan AIS, selama terikat pada suatu tanggung jawab kerahasiaan atas Data Pribadi Pengguna, untuk suatu hubungan dengan tujuan pihak ketiga tersebut terlibat untuk melaksanakan pengungkapan Data Pribadi kepada pihak ketiga terkait yang secara tekhnis diperlukan untuk memproses transaksi Pengguna atau tujuan kerjasama AIS dengan pihak ketiga tersebut (disesuaikan dengan keadaan), yang diperbolehkannya pihak ketiga tersebut untuk memperkenalkan atau menawarkan produk atau layanan kepada Pengguna/Sahabat AMAAN, melakukan autentikasi terhadap Pengguna atau menghubungkan Pengguna dengan melakukan kegiatan lain termasuk pemasaran, penelitian, dan pengembangan produk yang berkepentingan;
    3. Individu dan/atau entitas yang merupakan pihak ketiga lainnya yang terkait atau merupakan bagian dari AIS dan berada dalam tanggung jawab kerahasiaan atas Data Pribadi Pengguna untuk tujuan tertentu;
    4. Individu dan/atau entitas, termasuk namun tidak terbatas pada Otoritas Jasa Keuangan, pengadilan, kejaksaan, kepolisian, institusi pemerintah lainnya baik atas inisiatif AIS atau sebagaimana diwajibkan oleh ketentuan hukum dan peraturan perundang-undangan, arahan, instruksi atau kebijakan institusi pemerintah atau pejabat pemerintah;
    5. Selain sebagaimana diatur dalam Kebijakan Privasi ini, AIS dapat mengungkapkan dan membagikan Data Pribadi Pengguna jika AIS telah memperoleh persetujuan Pengguna untuk pengungkapan atau pemberian Data Pribadi.
  6. Penyimpanan Data Pribadi
    1. AIS akan menyimpan Data Pribadi Pengguna/Sahabat AMAAN selama diperlukan untuk memenuhi Tujuan dari pengumpulannya, atau selama penyimpanan tersebut diperlukan atau diperbolehkan oleh peraturan perundang-undangan yang berlaku. AIS akan berhenti menyimpan Data Pribadi atau menghapusnya setelah dianggap bahwa tujuan pengumpulan Data Pribadi tidak dibutuhkan lagi untuk tujuan bisnis atau secara hukum;
    2. AIS akan melakukan penyimpanan ini sesuai kebijakan atau diskresinya, baik melalui sistem AIS atau sistem, server atau database pihak lain atau penyedia jasa pihak ketiga lain yang bekerja sama dengan AIS (“Penunjukan Pihak Ketiga Untuk Penyimpanan Data Pribadi”) dengan tetap mengutamakan kerahasiaan atas Data Pribadi Pengguna;
    3. Bahwa adanya kemungkinan Data Pribadi Pengguna/Sahabat AMAAN disimpan oleh pihak lain dalam hal ini termasuk institusi pemerintah dengan cara tertentu. Dengan ini AIS menegaskan bahwa apabila AIS memberikan Data Pribadi Pengguna kepada institusi pemerintah yang berwenang dan/atau institusi lainnya yang ditunjuk oleh Pemerintah yang berwenang atau memiliki kerjasama dengan AIS, maka Pengguna menyetui dan mengakui bahwa penyimpanan Data Pribadi Pengguna/Sahabat AMAAN oleh institusi tersebut akan mengikuti kebijakan penyimpanan data masing-masing institusi.
  7. Keamanan Data Pribadi Pengguna
    Kerahasiaan Data Pribadi Pengguna adalah hal penting bagi AIS dan AIS akan berupaya semaksimal mungkin sesuai dengan kemampuan AIS, untuk melindungi dan mengamankan Data Pribadi Pengguna dari akses orang-orang yang tidak berwenang dan dari pengolahan yang bertentangan dengan hukum, kehilangan yang disengaja, pemusnahan dan kerusakan. Namun demikian pengiriman informasi melalui internet tidak sepenuhnya aman. Walaupun AIS akan berusaha sebaik mungkin untuk melindungi Data Pribadi Pengguna, Pengguna mengakui bahwa AIS tidak dapat menjamin keutuhan dan keakuratan informasi yang dikirim melalui Internet serta tidak dapat menjamin bahwa informasi Data Pribadi tersebut tidak akan dicegat, diakses, diungkapkan, diubah, dihancurkan oleh pihak ketiga yang tidak berwenang, karena faktor-faktor di luar kendali AIS. Pengguna bertanggung jawab untuk menjaga kerahasiaan detail akun Pengguna termasuk perangkat yang Pengguna gunakan dan One Time Password (OTP) dengan siapa pun harus selalu menjaganya.
  8. Pernyataan dan Jaminan
    1. Pengguna dengan ini menyatakan dan menjamin bahwa segala informasi serta Data Pribadi yang diungkapkan dan diserahkan kepada AIS adalah benar dan akurat;
    2. Pengguna dengan ini menyatakan dan menjamin bahwa Pengguna telah mendapatkan segala persetujuan yang dibutuhkan dari pihak terkait sebagaimana disebutkan dalam bagian B nomor 1 huruf a pada Kebijakan Privasi ini dalam hal Pengguna mengungkapkan, menyerahkan informasi maupun Data Pribadi milik pihak terkait tersebut untuk tujuan pemanfaatan Layanan AMAAN, sehingga AIS dapat memperoleh, mengumpulkan, mengolah, menyimpan, dan menggunakan Data Pribadi tersebut untuk tujuan penggunaan sebagaimana dijabarkan dalam bagian B nomor 3 Kebijakan Privasi ini;
    3. Dengan menyetujui Kebijakan Privasi ini, Pengguna mengakui bahwa telah membaca dan memahaminya serta setuju atas cara yang dilakukan AIS dalam hal mengumpulkan, menggunakan, membagikan dan mengungkapkan, menyimpan, mengolah Data Pribadi serta ketentuan lainnya yang diatur dalam Kebijakan Privasi ini.
  9. Batasan dan Ganti Rugi
    AIS berkomitmen untuk tidak memperjual-belikan Data Pribadi Pengguna kepada pihak mana pun, dan termasuk mengupayakan sewajarnya bahwa setiap karyawannya tidak terlibat dalam kegiatan jual beli Data Pribadi Pengguna kepada siapa pun. Namun AIS tidak bertanggung jawab atas kerugian dalam wujud apa pun atau risiko kerugian yang Pengguna alami akibat atau terkait dengan Data Pribadi tersebut meliputi kegagalan atas perlindungan kerahasiaan Data Pribadi, penyerahan, akses, perolehan, pengolahan, penyimpanan atau penggunaannya maupun pengalihannya, termasuk sengketa, investigasi, audit, penegakan hukum dan proses penyelidikan apa pun, yang tidak terbukti disebabkan atau melibatkan AIS maupun karyawan, perwakilan, kuasa, afiliasi atau pihak terkait AIS lainnya (“Kerugian dan Masalah Hukum”). Demi kejelasan, kepastian hukum dan transparansi:

    1. AIS tidak akan memberi ganti rugi, merespons dan tidak dapat dilibatkan, berikut karyawan, anak perusahaan, afiliasi atau perwakilannya, atas setiap klaim, tuntutan, permintaan atau pernyataan apa pun yang timbul dari atau terkait Kerugian dan Masalah Hukum yang diajukan tanpa menyertakan perhitungan pasti yang telah diperhitungkan, akurat dan dapat dipertanggungjawabkan atas kerugian riil dan langsung (factual and direct damage) yang Pengguna alami, berikut bukti yang dapat diterima di oleh pengadilan atau institusi yudisial terkait mengenai kesalahan atau kelalaian AIS berdasarkan Pasal 1865 dan 1866 Kitab Undang-Undang Hukum Perdata, Pasal 164 Het Herziene Indonesisch Reglement dan Pasal 5 ayat 1 Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang sebagaimana diubah dengan Undang – Undang Nomor 19 Tahun 2016 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik;
    2. AIS tidak bertanggung jawab atas akurasi (kecuali Data Pribadi yang telah ter verifikasi oleh AIS sesuai kebijakannya), keabsahan, legalitas dan kelengkapan Data Pribadi Pengguna dan tidak diwajibkan untuk memberitahu Pengguna atau pihak mana pun perihal tersebut kecuali diwajibkan secara hukum; dan
    3. AIS tidak bertanggung jawab atas pelanggaran hukum Pengguna atau hak pihak ketiga mana pun akibat atau terkait perolehan atau pemberian Data Pribadi. Dalam hal terdapat Penunjukan Pihak Ketiga Untuk Penyimpanan Data Pribadi, maka Pengguna tidak dapat menuntut, meminta ganti rugi atau manfaat apa pun dari AIS maupun karyawan, kuasa, perwakilan, afiliasi atau pihak terkait AIS dalam hal terjadi pelanggaran kerahasiaan atau kegagalan perlindungan rahasia Data Pribadi atau Kerugian dan Masalah Hukum yang melibatkan, disebabkan atau dilakukan pihak ketiga penyimpan Data Pribadi yang bersangkutan. Namun demikian, AIS tetap akan berupaya sewajarnya untuk memberitahu Pengguna perihal pelanggaran kerahasiaan tersebut ketika AIS mengetahuinya dari pihak ketiga tersebut.
  10. Pemasaran dan Promosi
    AIS dan/atau Mitra AMAAN diperbolehkan mengirimkan informasi pemasaran secara langsung berupa iklan dan komunikasi promosi melalui media informasi telepon, layanan singkat sms atau email atau media lainnya kepada Pengguna/Sahabat AMAAN.
  11. Perubahan Kebijakan Privasi
    AIS dapat melakukan perubahan atau pembaruan atas Kebijakan Privasi ini dari waktu ke waktu dan apabila diperlukan perubahan atau pembaruan tersebut akan diberitahukan melalui email dan/atau melalui Platform AMAAN, ataupun cara lainnya kepada Pengguna. Pengguna wajib untuk membaca dengan cermat, teliti, dan saksama serta memeriksa setiap ketentuan-ketentuan yang diatur dalam Kebijakan Privasi ini dari waktu ke waktu untuk mengetahui setiap perubahan yang dibuat dalam Kebijakan Privasi ini.

Kebijakan Privasi ini berlaku mengikat, dianggap telah dibaca, dipahami dan disetujui oleh seluruh Pengguna/Sahabat AMAAN.