5 Peluang Usaha Kuliner Kekinian yang Mudah Dibuat dan Selalu Laris Manis

Apabila Sahabat mengalami kendala modal dalam merintis bisnis, mungkin memulai usaha kuliner dapat menjadi pilihan terbaik. Usaha kuliner memiliki potensi besar untuk mendapatkan keuntungan dengan cepat dan prosesnya tidak terlalu rumit. Hal ini dikarenakan makanan merupakan salah satu kebutuhan primer bagi semua orang.

Menurut penelitian Statista tahun 2021, peluang bisnis di sektor makanan di Indonesia terus berkembang dalam beberapa tahun terakhir dan diperkirakan akan terus meningkat sebesar 10,79% hingga tahun 2025.

Bagi para pengusaha UMKM, menjalankan usaha kuliner adalah pilihan menarik. Namun, agar dapat bertahan dan meraih kesuksesan di pasar yang kompetitif, penting untuk mengetahui tren dan inovasi terbaru. Berikut adalah beberapa usaha kuliner kekinian yang selalu diminati dan dapat menjadi ide bisnis yang menjanjikan.

1. Jajanan Sempol Ayam

Foto: istock

Membuat sempol ayam sangat mudah dilakukan dan tidak membutuhkan peralatan khusus. Bahan-bahan yang diperlukan untuk resep sempol ayam juga mudah ditemukan di warung sekitar tempat tinggal. Selain itu, harga bahan cukup terjangkau sehingga Sahabat tidak perlu khawatir jika memiliki keterbatasan modal. 

Sempol ayam dibuat dengan mencampur daging ayam cincang dengan tepung kanji, tepung terigu, telur, bawang merah, bawang putih, serta berbagai bumbu seperti minyak ikan, kaldu bubuk, dan saus atau taburan balado pedas. Setelah itu, adonan tersebut ditusuk dengan tusuk sate dan dibentuk menjadi bulatan panjang sebelum dicelupkan ke dalam telur dan digoreng hingga menjadi garing dan renyah. 

Sahabat juga dapat berkreasi dengan membuat variasi sempol lainnya, seperti sempol udang, sempol ayam keju, sempol ayam sosis, atau sempol ayam wortel.

2. Jajanan Sosis Bakar

Foto: Shutterstock.com

Sosis bakar adalah makanan yang terbuat dari sosis yang dipanggang dan dihidangkan dengan berbagai topping dan saus yang menarik. Kepraktisan dalam penyajiannya dan variasi jenis sosis yang tersedia membuatnya cocok untuk semua orang. Penggemar sosis bakar tidak hanya terbatas pada anak-anak, tetapi juga mencakup kalangan remaja dan orang dewasa. Daya tarik lain dari sosis bakar adalah kemudahannya dalam penyajian. Biasanya disajikan dengan tusuk sate, sehingga sosis bakar dapat dinikmati secara praktis saat berjalan atau sebagai camilan yang mudah disantap.

Jika ingin memulai usaha sosis bakar, Sahabat dapat membuka kedai kecil di rumah tanpa perlu mengeluarkan biaya sewa tempat. Sahabat juga dapat memanfaatkan peralatan memasak yang sudah ada di rumah tanpa perlu membeli peralatan khusus. Hal yang penting untuk diperhatikan dalam menjalankan usaha sosis bakar yang sukses adalah pilihan topping yang menarik, rasa sosis yang berkualitas, dan cara pengemasan yang menarik.

3. Jajanan cimol dan kentang goreng

Foto: cookpad.com

Cimol dan kentang adalah salah satu camilan praktis yang banyak disukai oleh anak-anak hingga orang dewasa. Berbahan dasar kentang, camilan ini juga cukup mengenyangkan, lho. Kamu bahkan bisa mengkreasikan cimol kentang goreng dengan menambahkan bubuk balado atau saus cocol.

Menariknya jika Sahabat mempunyai keterbatasan waktu untuk membuka kedai berjualan, cimol dan kentang goreng ini bisa dijual dalam bentuk frozen. Terbukti, saat ini cimol frozen juga banyak disukai oleh banyak orang, termasuk juga influencer kuliner yang sering memberikan ulasan dari enaknya jajanan ini.

4. Tahu jeletot dan seblak pedas

Foto: orami.co.id

Pernah denger seblak atau tahu jeletot? Nah kuliner tersebut banyak disukai oleh banyak orang terutama anak muda. Saat ini tren camilan pedas terus naik daun, rasanya yang menggigit dan sensasi panasnya yang menghantam lidah membuat makanan pedas memiliki tempat istimewa di hati banyak orang. 

Contohnya yaitu tahu jeletot. Tahu jeletot adalah hidangan pedas yang terdiri dari tahu yang diisi dengan berbagai sayuran seperti tauge dan kembang kol, kemudian diberi bumbu pedas. Isian dalam tahu jeletot kadang-kadang juga dilengkapi dengan cabai utuh yang memberikan rasa pedas yang kuat sehingga sensasi pedas yang muncul sangat mengejutkan. Selain itu, tahu jeletot memiliki ukuran lebih besar dan tekstur yang renyah. 

Makanan pedas kekinian berikutnya adalah seblak. Seblak merupakan makanan yang berasal dari Jawa Barat, mirip dengan bakso aci. Sajian ini menggunakan berbagai jenis rempah seperti bawang putih, cabai merah, kencur, dan lainnya. Oleh karena itu, rasanya akan memiliki karakteristik yang khas dan dapat membangkitkan selera. Seblak umumnya terdiri dari kerupuk, bakso, sosis, dan sayuran yang direbus bersama dengan bumbu tersebut.

5. Kreasi Sambal rumahan

Foto: depotburudy.co.id

Umumnya, setiap ibu rumah tangga memiliki resep rahasia dalam masakannya, terutama dalam hal sambal. Jika Sahabat pernah membuat sambal yang disukai oleh keluarga atau teman, itu bisa menjadi peluang bisnis yang menjanjikan. Ada banyak cerita sukses yang dimulai dari penjualan sambal rumahan, seperti contohnya sambal Bu Rudy yang sudah dikenal oleh banyak orang. 

Rasa yang khas dan unik dari sambal rumahan dapat menjadi faktor pembeda dibandingkan dengan sambal lainnya, terutama jika Sahabat menggabungkan cabai, bumbu, dan rempah-rempah untuk menciptakan profil rasa yang lezat. Beberapa orang juga mengkreasikan sambal menjadi berbagai jenis lainnya, seperti sambal cumi, sambal mangga, sambal pete, dan sebagainya. 

Jangan lupa untuk memilih kemasan yang menarik dan praktis, seperti botol kaca atau plastik yang aman untuk makanan. Sertakan label dengan informasi produk, tanggal kadaluarsa, dan informasi penting lainnya. Sahabat dapat menjual produk ini melalui media sosial dan platform e-commerce seperti Tokopedia atau Shopee.

Dalam menghadapi tantangan ekonomi, Sahabat perlu tetap up-to-date dengan tren terbaru dan terus memperbarui produk yang ditawarkan kepada konsumen. Salah satunya dengan memilih salah satu atau beberapa ide usaha kuliner kekinian yang telah disebutkan pada artikel diatas. Selamat berkreasi dan semoga laris manis, ya!

Artikel terbaru

Prinsip Berdagang Ala Rasulullah

Dalam ajaran Islam, bermuamalah dalam kehidupan sehari-hari telah diatur bahkan selalu dicontohkan oleh Rasulullah SAW, yang salah satunya adalah prinsip dalam berdagang. Rasulullah merupakan pengusaha yang sukses karena

Read More »